time 1 week yang lalu di topik #Hamil,Tips

Tahapan Perkembangan Indra Bayi dalam Kandungan

Advertisement

Tahapan Perkembangan Indra Bayi dalam KandunganCiri Ciri hamil,  Pada tahap perkembangan janin, tidak mungkin mengabaikan urutan perkembangan indera. Indra bayi tidak terbentuk dan disempurnakan pada saat yang bersamaan namun mengalami tatanan perkembangan tertentu.

Kapan bayi bisa mendengar, mencium, merasakan, melihat dan merasakan apa yang disentuhnya? Jawabannya akan anda temukan pada artikel yang mengulas tentang perkembangan indra janin bayi di bawah ini. Karena bayi masih dalam rahim, indera telah terbentuk dan berkembang sampai tingkat tertentu!

Tahapan Perkembangan Indra Bayi dalam Kandungan

Tahapan perkembangan indra bayi dalam kandungan

Kapan indra bayi mulai terbentuk?

Dari tahap awal perkembangan janin, salah satu indra terpenting adalah pembentukan sentuhan. Bahkan di minggu ketiga setelah pembuahan, sentuhan mulai terbentuk. Kulit, yang bertanggung jawab atas indra yang didapat dari paparan lingkungan dan hal lainnya, mengandung jutaan sel sensorik. Pada minggu ke 8 kehamilan, janin memiliki kepekaan tertentu pada kulit wajah, diikuti oleh telapak tangan pada minggu ke 11, telapak kaki pada minggu ke 12, perut dan pantat pada minggu ke 17 dan Seluruh tubuh, kecuali bagian atas kepala, pada minggu ke 32 kehamilan.

Tahapan perkembangan janin

  • Jaringan terbentuk pada tahap awal perkembangan janin

Bayi suka menggunakan mekanisme sentuhan dengan berbagai cara untuk mengeksplorasi diri dan lingkungan di rahim. Melalui ultrasound, Anda bisa melihat bayi Anda mengisap tangannya, menyentuh dahinya atau menyentuh pipinya, menyentuh dinding rahim atau menyentuh tali pusar. Kelembutan sangat penting bagi bayi dan bayi yang baru lahir adalah organ terlengkap saat bayi lahir. Pembentukan dan pengembangan sentuhan merupakan poin penting dalam perkembangan janin, membuka jalan bagi pembelajaran dan penemuan bayi pada tahap awal kehidupan.

  • Janin bisa mencium bau di rahim

Dulu, periset percaya bahwa aroma yang dibutuhkan tergantung pada udara dan nafas sehingga janin tidak bisa tercium di rahim. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa indera penciuman bayi sangat sensitif dan kuat saat lahir, dan ini mungkin berasal dari bau bayi di rahim.

Advertisement

Rongga hidung bayi terbentuk sepenuhnya dan sel penginderaan bau sudah siap dari minggu kesembilan kehamilan, namun indera penciuman pertama hanya dibuka saat neuron penciuman terhubung ke otak. Dan meskipun awal ini, indra penciuman bayi belum siap untuk “kunci” jaringan pemblokir lubang hidung sampai minggu ke 28 kehamilan. Semua indra penciuman bayi adalah Secara formal memulai minggu ke 28 kehamilan, melalui cairan amnion di rongga hidung dan mulut bayi.

  • Rasa adalah indera yang terbentuk dengan cepat

Pengembangan rasa sangat mengesankan dibandingkan tahap perkembangan janin lainnya. Hanya 8 minggu setelah pembuahan, bayi Anda mulai mengembangkan rasa dan kapan dalam 13-15 minggu, bayi memiliki rasa yang sama seperti orang dewasa.

Melalui cairan amnion, bayi bisa merasakan berbagai rasa dalam makanan ibu seperti bawang putih, lada, bawang merah, kopi, mint. Dari bulan ke 5, bayi mulai menelan cairan amnion dan merasakan rasa dari apa yang telah dimakannya dalam beberapa jam terakhir.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa, sebagai janin, bayi memiliki cara yang berbeda untuk bereaksi terhadap rasa makanan. Kebanyakan bayi lebih menyukai rasa manis dan tidak menyukai asam atau pahit.

  • Janin bisa mendengarnya sangat awal

Organ pendengaran mulai terbentuk saat embrio mungil berusia tiga minggu, mulai dari telinga bagian dalam dan perlahan terbentuk di saluran telinga, akhirnya melihat telinga luar dari gambar ultrasuara. Sistem saraf bayi mulai terbentuk sekitar minggu ke 20. Pada awalnya, bayi hanya mendengar suara dalam, suara rendah seperti darah di pembuluh darah, perut ibu berdengung, jantung ibu berdetak kencang. Nantinya, bayi juga akan mendengar suaranya lebih tinggi.

Dari minggu ke 23 kehamilan, Anda dapat melihat bahwa bayi Anda mulai bereaksi terhadap suara di sekitarnya. Dia bahkan akan merasa terkejut atau cegukan saat mendengar suara keras. Dia bahkan bisa membedakan dan menghafal beberapa suara akrab seperti suara ibunya atau suara bayi.

  • Penglihatan adalah sentuhan akhir

Tidak seperti indera lain yang terbentuk dan disempurnakan pada tahap perkembangan janin, ketajaman visual dapat dianggap sebagai “keterlambatan pengiriman”. Sampai minggu ke 26 kehamilan, mata bayi tetap tertutup untuk sepenuhnya mengembangkan retina. Setelah titik ini, kelopak mata terbuka dan bayi bahkan bisa berkedip.

Pada usia 33 minggu, mata murid bisa diregangkan sesuai dengan intensitas cahaya yang dikumpulnya. Dia juga bisa melihat, tapi gambarnya cukup kabur. Bahkan saat ia lahir, ia hanya bisa melihat dalam jarak 20cm.

Ibu dapat mengandalkan tahap perkembangan janin dan urutan perkembangan indera untuk membantu mengembangkan indera mereka dengan lebih sensitif, membantu mereka terhubung dengan ibu mereka lebih awal. Pada saat yang sama, untuk paling mendukung perkembangan indera bayi Anda, jangan lupa untuk makan dengan baik dan menjaga kesehatan Anda tetap sehat selama kehamilan.

Advertisement
hamil terms: perkembangan bayi dalam rahim
Tolong NonAktifkan Fitur ADBLOCK di Browser Anda Untuk dapat membaca Artikel-Artikel di Ciri2Oranghamil.com - Terima Kasih
Refresh