time 2 months yang lalu di topik #Senam Hamil

Gerakan Senam Hamil Di Rumah Yang Aman Dilakukan

Bagi ibu hamil yang sedang mengalami masa kehamilan pasti sangat bahagia dan sangat berhati-hati untuk menjaga janin yang ada dalam kandungan mereka. Pada saat usia kehamilan sudah mulai bertambah, biasanya seorang ibu akan lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari dirumah. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa ketika hamil tua tidak boleh melakukan kegiatan ataupun olahraga, dan beberapa mengatakan bahwa hal tersebut salah bahkan mereka mengatakan kalau seharusnya melakukan beberapa kegiatan seperti senam santai dirumah agar pada saat melahirkan bisa tahan dengan rasa sakit. Semua opini ini tidak bisa disalahkan karena memang pada hakikatnya seseorang yang sedang hamil tidak boleh melakukan aktifitas yang terlalu berat yang bisa berpengaruh pada janin yang dikandung. Akan tetapi ada beberapa gerakan senam hamil dirumah yang bisa ibu hamil lakukan yang dapat membantu proses persalinan nantinya.


Gerakan Senam Hamil Di Rumah Yang Aman Dilakukan

gerakan senam hamil yang aman di rumah

  1. Hands and Back Up Train

Pada gerakan senam ibu hamil yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan hands anda Back up train. Gerakan ini adalah gerakan yang bisa membantu otot-otot tubuh anda agar tidak kaku. Cara melakukan gerakan sangatlah mudah. Pertama-tama lakukan gerakan senam dengan mengangkat lengan dengan posisi lurus keatas kepala. Kemudian telapak tangannya bisa dihadapkan satu sama lain dan menahan sekitar beberapa detik pada posisi ini. biasanya gerakan ini dipertahankan sekitar 20 detik. Setelah itu regangkan kedua lengan tangan kalian selebar mungkin. Lakukan gerakan ini sekitar 5 kali dalam satu waktu.

  1. Hip

Gerakan senam hamil dirumah yang sangat mudah dilakukan selanjutnya adalah gerakan Hip. Gerakan ini diawali dengan berbaring diatas matras. Rentangkan kedua tangan kalian dan tekuk lutut kaki kalian. Selanjutnya yaitu menarik napas melalui hidung dan mengencangkan otot pada bagian perut dan juga bokong. Gerakan ini mirip seperti gerakan yang ingin mengejan. Tahan sampai 5 detik, kemudian hembuskan napas dengan rileks. Gerakan senam hamil ini sangat membantu anda untuk meregangkan bagian otot panggul sehingga proses bersalin anda bisa dilakukan dengan mudah. Gerakan ini bisa dilakukan sesering mungkin sampai kehamilan mencapai usia 8 bulan.

Advertisement
Advertisement
  1. Mencium Lantai

Pada gerakan ini adalah gerakan yang dilakukan untuk memperbaiki posisi bayi pada rahim agar kepalanya bisa mengarah ke panggul dan tidak terjadi sungsang. Caranya yaitu dengan berjongkong terlebih dahulu yang kemudian melakukan garakan membungkuk secara perlahan sampai hampir mencium lantai. Tahan posisi tersebut sekitar 10 detik. Gerakan ini bisa dilakukan secara rutin mulai dari usia kehamilan 6 bulan.

Ketiga gerakan senam hamil dirumah itu adalah gerakan yang bisa membantu anda untuk menghadapi proses persalinan. Selain itu, dengan melakukan senam ini kalian akan membuat otot-otot panggung dan juga otot bagian misvi untuk persiapan proses kelahiran. Kalian bisa melakukannya untuk mengisi waktu luang anda dengan berbagai aktifitas yang bermanfaat untuk kesehatan anda sendiri. selain itu juga bisa menghindari depresi pada otot-otot tubuh anda.

Bagi kalian yang beranggapan bahwa dengan melakukan olahraga bisa mengakibatkan hal yang buruk terjadi pada kehamilan anda sangatlah salah. Apabila anda mengetahui gerakan yang cocok untuk ibu hamil, maka itu akan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh anda dan juga bisa membuat janin anda lebih kuat. Lakukan gerakan senam hamil dirumah yang ringan saja agar tidak mempengaruhi kehamilan anda.

hamil terms: gerakan mencium lantai ibu hamil, gerakan senam hamil HIP, senam hamil yg aman untuk usia kandungan 10 minggu, senam santay di rumah
Advertisement
Tolong NonAktifkan Fitur ADBLOCK di Browser Anda Untuk dapat membaca Artikel-Artikel di Ciri2Oranghamil.com - Terima Kasih
Refresh