time 17 hours yang lalu di topik #Hamil,Tips

Cara Melengkapi Nutrisi untuk Ibu Hamil yang Tepat

Cara Melengkapi Nutrisi untuk Ibu Hamil yang TepatCiri2OrangHamil.com, Nutrisi untuk ibu hamil sangat penting karena merupakan fondasi perkembangan dan kesehatan janin. Suplemen nutrisi lengkap juga yang ibu pilih untuk menjaga kesehatan, kecantikan untuk diri sendiri.


Mengapa memperhatikan nutrisi bagi ibu hamil itu penting?

Cara melengkapi Nutrisi untuk ibu hamil yang tepat

Nutrisi untuk ibu hamil selalu menjadi perhatian utama dalam kehamilan. Bukan suatu kebetulan bahwa ibu memilih untuk makan cukup makanan, makanan yang dipilih dengan cermat. Makanan yang mengandung gourmet setiap hari tidak hanya diubah menjadi energi yang diperlukan untuk aktivitas tubuh, namun juga merupakan sumber nutrisi untuk mempromosikan perkembangan janin secara menyeluruh.

Selama kehamilan, beberapa wanita hamil menunjukkan tanda-tanda kelelahan, kehilangan nafsu makan, selera selera sendiri. Tubuh ibu mungkin kekurangan zat yang diperlukan untuk perkembangan janin seperti protein, zat besi, kalsium, magnesium. Sementara itu, kebutuhan nutrisi pada tahap ini lebih tinggi dari biasanya. Pola makan yang buruk dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak menguntungkan bagi bayi dalam jangka panjang. Misalnya, kekurangan asam folat bisa menyebabkan cacat tabung saraf pada janin.

Advertisement

Nutrisi sangat diperlukan dalam nutrisi bagi ibu hamil

  • Protein dan lemak

Protein dan lemak membantu membangun dan menumbuhkan tubuh bayi Anda, dari otot ke lemak, ke otak. Selain itu, lemak sangat penting untuk penyerapan vitamin D, seperti vitamin A, D, E.

Kehamilan bisa menjadi sumber protein dari hewan seperti daging sapi, babi, ikan, udang, telur; Sayuran seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang-kacangan lainnya, wijen, kacang tanah … Daging seperti daging babi, daging sapi, ikan berlemak juga merupakan sumber lemak. Anda bisa menggunakannya. Pakar nutrisi menyarankan untuk menggunakan minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak wijen, minyak kedelai, minyak lobak, minyak dedak padi, dll. Tidak hanya baik untuk jantung, Minyak nabati juga mengandung vitamin yang larut dalam lemak.

  • Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral sangat diperlukan dalam nutrisi bagi wanita hamil, membantu melindungi tubuh dari penyakit dan penuaan. Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kapasitas penyerapan kalsium untuk tulang dan gigi. Vitamin B meningkatkan metabolisme energi dalam tubuh. Seperti vitamin, mineral juga penting, misalnya zat besi terlibat dalam pembentukan darah dan merupakan bagian penting untuk menciptakan banyak enzim bagi tubuh. Kalsium juga merupakan nutrisi yang sangat penting, membantu membentuk gigi dan tulang bayi, membantunya mencapai ukuran standar saat bayi lahir.

Advertisement

Ibu harus makan berbagai sayuran dan buah-buahan seperti semangka, jeruk, anggur, pepaya, mangga, mentimun, asparagus, sayuran, tomat, wortel … untuk menyediakan vitamin penting bagi tubuh. . Selain itu, jangan terlalu banyak memasak makanan karena beberapa vitamin rentan terhadap dekomposisi pada suhu tinggi. Untuk menyerap aneka ragam vitamin, sebaiknya Anda juga mengonsumsi jumlah lemak yang tepat.

  • Serat

Serat membantu membuang kelebihan makanan dari tubuh lebih mudah. Kehamilan harus makan banyak sayuran hijau dan buah untuk melengkapi serat. Selain itu, Anda juga bisa memilih sayuran laut, rumput laut atau serat nabati yang kaya akan serat larut.

Makanan yang harus dihindari ibu hamil

  • Makanan mengandung stimulan

Produk seperti alkohol dan kopi adalah 2 jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil, keduanya harus dikecualikan dari menu nutrisi untuk wanita hamil sejak awal kehamilan hingga disapih bayi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa hubungan prenatal menggunakan terlalu banyak makanan dan minuman dengan stimulan dengan kemampuan bahasa, gangguan belajar dan attention deficit hyperactivity yang terbatas. lahir keluar Selain itu, saat ibu minum alkohol, janin harus menghabiskan dua kali lipat jumlah ibu untuk menguras alkohol dari darah. Hal ini secara signifikan mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi di rahim.

Keracunan alkohol dapat meningkatkan prevalensi kelahiran prematur dan tingkat kelahiran mati di rahim. Wanita hamil, apakah perokok atau perokok pasif, dapat menyebabkan komplikasi atau kelahiran prematur, jadi penting bagi ibu hamil untuk berhenti merokok dan minum alkohol.

  • Makanan kaya garam

Pada akhir bulan kehamilan, bayi harus makan makanan ringan, karena garam akan membuat air menjadi air, menyebabkan edema. Makan terlalu banyak garam juga membuat Anda rentan terhadap tekanan darah tinggi, yang bisa berbahaya bagi janin.

  • Gizi buruk

Ada kemungkinan untuk mencantumkan makanan dan minuman yang kurang baik dalam menu wanita hamil seperti permen manis, minuman ringan, cemilan, kue beras, salad kering. Saat diproses, Makanan dalam makanan berkurang. Itu tidak berarti, Anda sama sekali tidak tahu apakah diproses secara higienis atau tidak.

Advertisement
Tolong NonAktifkan Fitur ADBLOCK di Browser Anda Untuk dapat membaca Artikel-Artikel di Ciri2Oranghamil.com - Terima Kasih
Refresh