time 2 days yang lalu di topik #Hamil,Tips

3 Ciri Air Ketuban Merembes Pecah Sebelum Waktunya

Ciri air ketuban merembes pecah sebelum waktunya – Ketuban adalah cairan yang fungsinya untuk melindungi bayi selama dalam kandungan. Saat mendekati proses melahirkan biasanya ketuban ini akan pecah dan bisa dijadikan penanda atas kelahiran si buah hati. Dalam hal ini, ibu hamil perlu waspada apabila baru pertama kali hamil dan tidak tahu tentang hal ini. Biasanya bagi wanita yang belum pernah hamil sebelumnya akan mengira bahwa yang keluar dari area kewanitaan ini adalah cairan biasa yang mana tanpa disadari bahwa cairan ini adalah air ketuban yang merembes yang bisa mengakibatkan gangguan pada si bayi. Pada pembahasan kali ini, kalian perlu mengetahui ciri air ketuban merembes pecah sebelum waktunya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada ibu hamil.


3 Ciri Air Ketuban Merembes Pecah Sebelum Waktunya

Ciri air ketuban merembes pecah sebelum waktunya

  1. Keluar dari misvi dan terasa ada yang pecah di dalam

Pada saat mengalami rembesan air ketuban sebelum waktu yang ditentukan oleh dokter, kalian harus segera memeriksakan kepada dokter spesialis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Akan tetapi kalian juga bisa mengetahui sendiri ciri ketuban merembes yaitu keluarnya cairan melalui misvi. Ciri air ketuban merembes pecah sebelum waktunya ini, cairan ini akan keluar melalui misvi yang diawali dengan pecahnya ketuban di dalam rahim. Hal ini bisa dirasakan sendiri oleh si ibu hamil karena mereka akan merasakan sendiri perasaan bagaimana ada gelembung yang pecah dari dalam rahim.

  1. Cairan terasa hangat

Ciri air ketuban merembes pecah sebelum waktunya yaitu saat cairan tersebut keluar melalui misvi, cairan tersebut akan terasa hangat. Cairan ini mirip seperti perasaan saat mengalami menstruasi. Akan ada perasaan seperti ada cairan yang keluar secara terus menerus dan tidak banyak. Akibat gelembung yang pecah di dalam perut, maka cairan ini akan keluar dan bisa sampai ke paha. Cairan ini mirip dengan air seni.

Advertisement
Advertisement
  1. Merasa tertekan

Beberapa orang yang mengalami menstruasi dan merasakan sakit pada perut bagian bawah, hal ini mirip dengan proses pecahnya atau merembesnya ketuban sebelum waktunya. Proses ini akan disertai dengan rasa kontraksi secara terus menerus dan sangat sakit pada perut bagian bawah. Kalian juga harus bisa membedakan mana kontraksi palsu dan mana yang kontraksi dengan dibarengi merembesnya ketuban. Apabila terjadi kontraksi palsu maka tidak akan cairan yang keluar dari misvi.

Pada kontraksi ini akan terasa sangat menyakitkan akibatnya pecahnya ketuban. Biasanya bagi ibu hamil yang belum pernah hamil sebelumnya akan merasa kawatir dan juga gelisah karena tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk menangani hal ini. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir dan panik, tetap rileks karena hal itu akan berpengaruh pada calon bayi anda. Kalian hanya perlu melakukan check up ke dokter spesialis terdekat.

Itulah beberapa ciri air ketuban merembes pecah sebelum waktunya yang harus diketahui ibu hamil sebelum menjalani proses persalinan. Hal ini sangat penting dan perlu diperhatikan agar bisa melakukan tindakan pencegahan untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila merasa cemas dengan keadaan tersebut maka anda bisa langsung datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik sehingga bayi yang ada dalam kandungan anda bisa selamat dan tidak mengalami gangguan. Dengan penanganan yang tepat dari dokter, maka proses persalinan pun akan dengan mudah dilakukan sehingga bayi anda keluar dengan selamat. Kalau kalian telat dalam menanganinya maka bisa saja hal itu mengganggu proses persalinan anda dan bahkan bisa membahayakan keselamatan bayi.

Advertisement
Tolong NonAktifkan Fitur ADBLOCK di Browser Anda Untuk dapat membaca Artikel-Artikel di Ciri2Oranghamil.com - Terima Kasih
Refresh