time 2 days yang lalu di topik #Hamil,Tips

Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Berlebihan Saat Hamil

Advertisement

Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Berlebihan Saat Hamil – Wanita hamil sering mengalami kesulitan dengan berat badan. Berat badan yang berlebihan selama kehamilan terutama disebabkan oleh kelebihan gula dan karbohidrat. Karena ibu hamil biasanya tertanam pikiran bahwa makan untuk dua orang ( ibu dan janin dalam kandungan) sehingga mempengaruhi kenaikan berat badan.

Kenaikan berat badan berlebih selama kehamilan dapat meningkatkan risiko komplikasi saat kelahiran, seperti kelahiran caesar dan prematur. Bahkan jika Anda saat hamil memiliki berat badan berlebih atau obesitas dikhawatirkan Anda akan menderita diabetes gestasional atau preeklamsia.

Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Berlebihan Saat Hamil

Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Berlebihan Saat Hamil

Berikut adalah tips menghindari kenaikan berat badan berlebih saat hamil:

  1. Pastikan bahwa berat badan ideal selama kehamilan

Para ahli merekomendasikan multivitamin untuk wanita hamil agar dapat menjaga berat badan yang sehat.

Jika Anda berada dalam periode pra-kehamilan, menentukan indeks massa tubuh Anda pada setiap tingkat. Ketika BMI Anda di kelebihan berat badan atau obesitas, carilah solusi untuk menurunkan berat badan Anda.

  1. Makan dalam jumlah yang tepat

Wanita hamil membutuhkan 340 kalori ekstra per hari selama 3 bulan pertama masa kehamilan dan 450 kalori pada 3 bulan terakhir kehamilan. Wanita hamil disarankan untuk makan makanan kecil yang mengandung protein seperti buah-buahan dan sayuran. Jangan makan dengan porsi yang besar.

Makanan kecil berjarak sekitar 3 jam akan membantu wanita hamil menghindari makan berlebihan saat makan. Tidak hanya menyediakan nutrisi yang baik untuk bayi Anda, kadar gula darah Anda juga tidak akan meningkat terlalu banyak pada siang hari dan Anda tidak akan pernah lapar di antara waktu makan.

Cemilan yang harus dikonsumsi: makanan kaya protein, serat, beberapa lemak baik yang ditemukan dalam kacang-kacangan, buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi.

  1. Minum banyak air

US Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hamil harus minum 10 gelas air setiap hari atau minum 200ml minuman lainnya. Beberapa ahli gizi mengatakan bahwa wanita hamil harus minum air setiap jam.

Advertisement

Untuk mengetahui bahwa Anda telah menambahkan air yang cukup selama kehamilan atau tidak, wanita hamil dapat melihat warna urine: jika urin berwarna kuning gelap atau suspensi, Anda harus minum cairan tambahan. Anda harus minum air sepanjang hari untuk menjaga air seni Anda berwarna kuning pucat yang menandakan proses hidrasi dalam tubuh normal.

Minum banyak air juga mengurangi sembelit selama. Ketika Anda hamil, sistem pencernaan akan memperlambat melakukan penyerapan nutrisi dari makanan. Pastikan air yang cukup untuk membuat pencernaan menjadi lebih mudah dan mencegah kembung.

  1. Membuat Ngidam selama kehamilan menjadi berguna

Tidak mungkin melarang wanita hamil untuk ngidam, terutama ngidam makanan, makan keripik kentang dan es krim selama kehamilan. Namun, Anda harus mencatat jumlah porsinya per hari. Diet saat hamil itu penting karena Anda perlu memastikan memiliki cukup protein dan lemak yang baik.

  1. Mulai berjalan setiap hari

Wanita hamil disarankan untuk berjalan setidaknya 10 menit setiap hari. Pada bulan pertama kehamilan, wanita hamil disarankan untuk berjalan 10 menit per hari dan pada bulan ketiga kehamilan Anda harus berjalan 30 menit sehari.

Selain berjalan di luar ruangan, wanita hamil juga bisa berjalan di treadmill. Anda harus menjalankan 10.000 langkah setiap hari. Meskipun terlihat sulit tetapi jika Anda secara teratur melakukan akan terbiasa.

Berjalan secara teratur selama kehamilan tidak hanya membantu Anda mengendalikan berat badan selama kehamilan, tetapi juga mengobati nyeri muskuloskeletal pada akhir kehamilan.

  1. Menjaga Olahraga

Sebelum kehamilan, Anda boleh berpartisipasi dalam kegiatan olahraga berat seperti sepak bola, bulu tangkis, basket dan tenis. Tetapi saat hamil Anda hanya boleh melakukan olahraga ringan seperti lari, senam, jalan kaki, aerobik dan yoga.

  1. Perawatan Prenatal dan berat diukur secara teratur

Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui peningkatan berat badan. Dokter kandungan akan menghitung indeks massa tubuh Anda dalam waktu kehamilan dan berat badan pada bulan berikutnya. Dengan pengalaman dan keahliannya, dokter akan memberikan saran terbaik tentang kenaikan berat badan yang tepat.

  1. Menyusui setelah melahirkan

Menyusui bayi dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan sangat cepat dan ada banyak manfaat yang terkait dengan itu. Menyusui membantu wanita menurunkan hingga 500 kalori per hari. Selain itu, perubahan dalam tubuh akan membantu Anda menurunkan hingga 9 kg dalam enam minggu pertama (dari janin, berat plasenta air yang tersimpan di dalam tubuh selama kehamilan). Ini adalah awal yang baik untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Advertisement