time 4 years yang lalu di topik #Hamil,Tips

Cara Mencegah Anemia Selama Hamil

Cara Mencegah Anemia Selama Hamil, Ciri2oranghamil.com. Anemia adalah kondisi umum di lebih dari 80% wanita hamil. Tingkat hemoglobin yang rendah selama kehamilan menyebabkan anemia. Selama kehamilan, kebutuhan zat besi tubuh meningkat drastis. Tapi sayangnya banyak perempuan yang memasuki masa kehamilan tanpa zat besi yang cukup dalam tubuh. Saat kehamilan berlanjut, kebutuhan zat besi juga meningkat, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Advertisement

Para ahli menyarankan bahwa defisiensi besi atau anemia selama kehamilan akan meningkatkan risiko bayi lahir prematur. Dari sepuluh bayi prematur, 7 atau 8 baik memiliki beberapa masalah kesehatan atau meninggal dalam satu tahun.

Mencegah Anemia Selama Hamil adalah dgn Persiapkan Tubuh anda Sedari Awal

cara mencegah anemia selama kehamilan

Untuk mencegah anemia selama hamil, amat penting untuk mulai seari awal, yaitu dari saat Anda berencana untuk hamil.Jaga kesehatan Anda bahkan sebelum kehamilan datang pada anda.

Makan makanan kaya zat besi

Cara terbaik untuk mencegah anemia selama hamil adalah dengan makan banyak makanan yang kaya akan zat besi. Ada dua jenis zat besi yaitu zat besi heme dan non-heme. zat besi non-heme ditemukan pada tumbuhan dan hewan, tetapi zat besi heme hadir hanya pada hewan. Diketahui bahwa lebih mudah bagi tubuh Anda untuk menyerap zat besi heme.

Kombinasi vitamin C dan zat besi sangat baik untuk mencegah anemia. Vitamin C membantu penyerapan zat besi non-heme, sehingga dianjurkan untuk makan makanan kaya zat besi dengan segelas jus jeruk. Beberapa jenis makanan yang membantu mencegah anemia selama anda hamil, antara lain:

  • Ayam, daging merah, domba, sapi, daging sapi (khususnya hati).
  • Daging tanpa lemak, unggas dan ikan. Besi dalam makanan ini mudah diserap oleh tubuh daripada zat besi dari makanan nabati.
  • Buah-buahan kering seperti aprikot, kismis dan buah prune.
  • Sayuran berdaun seperti bayam dan brokoli.
  • Biji kering atau tofu, kacang merah dan kacang kedelai.
  • Pasta, sereal dan roti.

Hindari mengkonsumsi obat yang mengandung antasid pada saat yang sama ketika anda ingin asupan zat besi. Antasida mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Suplemen zat besi

Biasanya wanita membutuhkan 18 miligram (mg) zat besi per hari selama kehamilan, tetapi kebutuhan zat besi meningkat menjadi 27 miligram (mg).Untuk memenuhi kebutuhan yang tinggi, wanita hamil harus mengkonsumsi suplemen zat besi selama kehamilan. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mulai mengkonsumsi suplemen zat besi.

Advertisement

Semoga artikel tips tentang cara mencegah anemia selama kehamilan ini bermanfaat buat anda yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil muda saat ini, semoga anda dan calon bayi anda sehat selalu.Amiin.

hamil terms: tanda anemia saat hamil, ciri2 anak anemia, hamil 24 minggu, makanan pencegah anemia saat hamil dua bulan, mencegah anemia dengan senam hamil
Cara Mencegah Anemia Selama Hamil | Bu Rosa M | 4.5
Baca Juga...close