time 3 years yang lalu di topik #Hamil

Apakah Bercak Darah Tanda Kehamilan?

Apakah bercak darah tanda Hamil? – Bagi anda yang tengah menanti-nanti datangnya buah hati, tentu sudah menyiapkan berbagai hal yang di perlukan. Masa menunggu adalah masa yang paling membosankan, pasti anda juga setuju akan hal ini. Biasanya, para wanita yang sudah tak sabar menanti di beri momongan, akan melakukan berbagai usaha agar segera di karunia buah hati. Baik lewat terapi, konsultasi, atau metode tertentu. Dan tak lupa, anda pasti juga sering mengecek apakah anda sudah positif hamil atau belum. Berbagai cara di gunakan untuk mengetahui ciri-ciri hamil dan tanda awal kehamilan. Salah satunya hal yang paling mudah adalah dengan alat tes kehamilan. Tapi ada juga beberapa orang yang berusaha mengenali tanda awal kehamilan dengan mengamati berbagai gejala yang ada, salah satunya adalah timbulnya bercak darah, mual-mual, dlsb. Jadi apakah timbulnya bercak darah tanda kehamilan?

bercak darah tanda kehamilan

Salah satu tanda kemungkinan terjadinya kehamilan adalah rasa mual, perubahan mood yang tak menentu, kram perut, sembelit, dan beberapa tanda lainnya. Salah satu tanda yang jarang di sadari oleh para wanita adalah timbulnya bercak darah. Kenapa demikian? Apakah bercak darah tanda kehamilan? Nah, pertanyaan ini butuh sebuah penjelasan yang cukup panjang. Karena tak semua tanda-tanda kehamilan yang muncul itu dapat memastikan bahwa anda sedang hamil. Anda tahu alasannya? Karena, kebanyakan tanda awal kehamilan yang terjadi, itu hampir sama seperti yang anda alami ketika akan memasuki masa haid (Baca: Perbedaan tanda kehamilan dan Tanda mau PMS). Jadi, tak bisa di jadikan rujukan secara pasti jika adanya bercak darah adalah tanda kehamilan. Karena hal ini juga kemungkinan yang sering terjadi pada orang yang memasuki siklus haid.

Advertisement

Apakah Timbulnya Bercak darah Tanda kehamilan atau Bukan?

Tapi, apakah timbulnya bercak darah tanda kehamilan dan darah menstruasi dapat di bedakan? Mungkin saja. Ada beberapa teori menjelaskan perbedaan antara bercak darah tanda kehamilan dengan darah haid. Biasanya, darah yang keluar sebelum siklus haid akan di barengi dengan gejala tertentu, seperti kram dan sakit pada bagian perut. Sedangkan bercak darah yang keluar karena tanda awal kehamilan biasanya tidak di iringi rasa sakit dan darah yang keluar juga cukup sedikit. Jika anda mengalaminya, bisa jadi bercak darah ini adalah tanda awal yang menyatakan kehamilan anda. Lalu mengenai warna darah yang keluar juga memiliki dua kemungkinan, warna merah cerah atau darah warna coklat kemerahan. Jika darah yang keluar berwarna merah cerah, bisa jadi itu tanda terjadinya pendarahan dan harus segera di periksakan ke dokter. Tapi jika darah yang keluar berwarna coklat kemerahan, maka bisa jadi itu adalah bercak darah tanda kehamilan.

bercak darah tanda kehamilan

Advertisement

Lalu, sebenarnya apa yang jadi sebab keluarnya bercak darah tanda kehamilan ini? Apakah sebuah penyakit? Tentu saja bukan. Penjelasan singkatnya begini.. ketika embrio yang sudah terbentuk telah menempel pada dinding rahim, maka rahim akan memberi reaksi dengan meluruhkan sedikit dari bagian dindingnya, dan hal inilah yang menjadi penyebab keluarnya bercak darah pada masa kehamilan. Pendarahan kecil yang terjadi ini, juga sebagai tanda bahwa janin anda sudah mulai tumbuh di dalam rahim. Biasanya bercak ini akan terus muncul hingga ahir masa kehamilan. Dan darah yang keluar ini juga dapat anda jadikan tanda untuk memantau kondisi sang buah hati. Apakah pendarahan yang terjadi terlalu banyak, telat, atau lancar seperti biasa. Biasanya, masa tri smester pertama adalah masa-masa yang paling rentan. Maka jika pada masa ini ada yang janggal dengan bercak darah yang keluar seperti telat atau keluar terlalu banyak, maka anda harus memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter kandungan anda. Meski bercak darah yang keluar umum di alami mayoritas wanita ketika masa kehamilan, tapi perbedaan ketahanan tubuh tiap wanita yang berbeda, juga dapat memiliki dampak yang berbeda pula. Maka anda harus rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan anda, demi kesehatan anda dan keselamatan calon buah hati anda. Semoga saja sedikit ulasan tentang bercak darah tanda hamil ini bisa memberi pencerahan pada anda, intinya kalau ragu dan takut kalau memang hamil dan takut terjadi apa2, sebaiknya konsultasikan segera ke dokter kandungan.

hamil terms: bercak darah sebelum haid, bercak darah, darah haid sedikit dan berlendir, kapan bercak darah tanda hamil muncul, bercak darah sebelum haid apakah hamil
Apakah Bercak Darah Tanda Kehamilan? | Bu Rosa M | 4.5
Baca Juga...close