time 6 years yang lalu di topik #Tips

7 Tips Siapkan Anak Terima Kehadiran Adik Bayi

7 Tips Siapkan Anak Terima Kehadiran Adik Bayi. Kedatangan bayi baru dapat membawa banyak perubahan pada sebuah keluarga. Orang tua menghabiskan banyak energi pada persiapan, dan setelah bayi lahir, banyak perhatian keluarga melibatkan usaha untuk memenuhi kebutuhan dasar bayi yang baru lahir.

Advertisement

Semua perubahan ini bisa sulit bagi saudara yang lebih tua untuk menanganinya. Sudah umum bagi mereka untuk merasa iri terhadap bayi yang baru lahir dan bereaksi terhadap pergolakan dengan bertindak tidak biasanya.

Tetapi orang tua dapat mempersiapkan anak-anak menghadapi kelahiran adik bayi. Membahas kehamilan dalam hal yang masuk akal dengan anak-anak, membuat beberapa pengaturan dan usahakan untuk melibakan anak anda dalam perawatan bayi baru lahir dapat membuat segalanya lebih mudah bagi semua orang.

Advertisement

Persiapan Selama Kehamilan

Tidak ada satu waktu yang tepat atau cara sempurna untuk memberitahu anak tentang saudara yang akan datang. Ketika mendiskusikan kehamilan, mempertimbangkan tingkat kenyamanan Anda sendiri dan tingkat kematangan anak Anda. Anak-anak prasekolah, misalnya, tidak mungkin memahami konsep waktu, jadi mungkin tidak berarti banyak jika Anda mengatakan bahwa bayi akan tiba dalam beberapa bulan. Mungkin lebih bagus untuk menjelaskan bahwa bayi akan tiba di musim tertentu, seperti musim hujan atau ketika itu sering hujan di luar.

Berapa banyak detail yang harus Anda berikan? Biarkan pertanyaan anak Anda menjadi panduan Anda. Sebagai contoh, seorang anak 4 tahun mungkin bertanya: “Dari mana datangnya bayi?” Anda cukup untuk menjelaskan: “Bayi berasal dari rahim, yang ada di dalam perut ibu” Seorang anak yang ingin tahu lebih banyak akan bertanya.

Jika anak Anda menunjukkan minat lebih pada bayi, kegiatan ini dapat mendorongnya untuk lebih terlibat dan menerima kehadiran adik bayi.

  • Melihat lagi foto anak anda waktu bayi
  • Membaca buku-buku tentang persalinan (pastikan isinya sesuai dengan tahapan perkembangan anak anda)
  • Mengunjungi teman-teman yang memiliki bayi
  • mengemas tas untuk persiapan persalinan di rumah sakit
  • mengajak ikut memikirkan nama-nama bayi
  • Pergi ke dokter untuk mendengar detak jantung bayi

Nah semoga dengan beberapa pendekatan yang pas dan juga ikut melibatkan sang anak dalam persiapan menyambut si bayi, akan memudahkan kakak untuk menerima kehadiran adik bayi.

hamil terms: tanda anak mau punya adik, tanda tanda anak mau punya adik lagi, ciri ciri anak mau punya adik, ciri anak mau punya adik, ciri anak yang akan punya adik
7 Tips Siapkan Anak Terima Kehadiran Adik Bayi | Bu Rosa M | 4.5
Baca Juga...close