15 Ciri-ciri Hamil Muda yang Perlu Wanita Ketahui

Posted on
Advertisement

Tidak yakin jika Anda sedang hamil? Kami telah mengumpulkan 15 Ciri-ciri Orang Hamil Muda yang paling umum untuk melihat apakah anda memang sedang hamil muda atau tanda-tanda awal tersebut addalah karena mau PMS/Mens. Disini kita akan mencoba mengulas lima belas Ciri-ciri Hamil Muda yang umum dirasakan pada sebagian besar wanita yang hamil muda.

Berikut ini adalah 15 ciri-ciri hamil muda

Ciri-ciri Hamil Muda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Bengkak dan sakit buah d4da

Rasa sakit atau kesemutan yang timbul pada p4yudara adalah salah satu gejala kehamilan yang umum. Pada tahap awal kehamilan, buah d4da anda akan terasa lebih penuh, lebih lembut dan berubah bentuk karena mereka mempersiapkan diri untuk menghasilkan air susu ibu. buah d4da bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan lamanya.

2. Penggelapan areola

Selain dari adanya bengkak, salah satu Ciri-ciri Hamil Muda pada area ini adalah perubahan pada areolanya. Salah satu perubahan fisik yang paling umum terjadi saat Anda sedang hamil terlihat pada p4yud4ra. Salah satunya adalah penggelapan Areola Anda dibandingkan dengan kulit di sekitar put1ng. Penggelapan ini terjadi karena ada perubahan atau peningkatan hormon dalam tubuh wanita hamil.

3. Bercak

Sekitar lima sampai 10 hari setelah pembuahan, beberapa wanita melihat bercak tipis ketika implan embrio di dalam rahim. Jadi jika Anda ternyata sudah terlambat datang  bulan namun melihat bercak darah tipis /flek, bisa saja anda sedang hamil muda.

4. Sering buang air kecil atau sembelit

Bila Anda sedang hamil, rahim anda menekan langsung pada kandung kemih yang menyebabkan buang air kecil lebih sering. Tekanan tambahan ini dan juga adanya perubahan usus juga dapat menyebabkan sembelit. Tentu saja, semakin banyak bayi tumbuh, rahim semakin menekan  kandung kemih dan organ lainnya.

5. Kelelahan

Salah satu ciri ciri wanita hamil adalah kelelahan. Banyak wanita merasa sangat lelah di awal kehamilan (dibutuhkan banyak energi untuk sang bayi!). Kelelahan jadi salah satu tanda pertama kehamilan. Jika Anda sedang hamil, kemungkinan rasa cepat lelah ini akan berkurang di sekitar minggu ke-12, ketika plasenta sepenuhnya terbentuk.

6. Mual

ciri-ciri orang hamil muda

Mual adalah salah satu efek samping dan merupakan tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon (sekitar 80 persen wanita “morning sickness” Pengalaman selama 3 bulan pertama kehamilan). Bagi banyak orang, mual ini tidak selalu terbatas hanya untuk pagi hari – beberapa merasakannya sepanjang hari.

7. Lebih Sensitif dengan Bau-bauan

Banyak wanita hamil menjadi lebih sensitif terhadap bau selama kehamilan. Gejala ini merupakan salah satu tanda-tanda awal yang paling umum bahwa Anda sedang hamil. “Beberapa peneliti telah berspekulasi bahwa mungkin untuk melindungi perempuan dari makan makanan ‘sampah’ atau tercemar, sehingga melindungi bayi dari setiap racun berbahaya,” kata Ahli kandungan.

8. Peningkatan suhu basal

Jika Anda secara teratur mencatat siklus Anda dan mengambil suhu basal Anda, Anda akan melihat bahwa suhu basal akan tinggi jika anda memang hamil. Progesteron menyebabkan suhu basal Anda naik setelah ovulasi. Jika Anda tidak hamil, suhu basal akan turun dan Anda akan mendapatkan mens seperti biasa.

9. Terlambat Datang Bulan

Indikator yang paling jelas dari kehamilan adalah terlambat datang bulan atau mens dan paling umum dari ciri-ciri hamil muda, namun terlambat haid tidak selalu anda sedang hamil. Stres, diet atau jadwal yang tidak teratur juga dapat menjadi penyebab, jadi yang terbaik untuk memastikannya adalah menunggu beberapa saat kemudian pastikan dengan tespek atau usg.

10. Mengidam

Badan yang sedang hamil akan bekerja keras untuk tumbuh kembang bayi itu, dan membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra per hari. Beberapa wanita mengalami mengidam, ini adalah salah satu dari ciri-ciri hamil muda yang sering dilontarkan wanita hamil, wanita yang sedang ngidam punya keinginan makan makanan yang kadang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya, sementara yang lain hanya merasa lapar sepanjang hari.

11. Sakit kepala

Frekuensi sakit kepala migrain dapat meningkat dengan kehamilan. Banyak wanita yang mengalami sakit kepala hormonal migrain dan mereka mengalaminya lebih sering terutama di awal kehamilan. Namun, beberapa orang memiliki pengalaman yang berlawanan dan mereka sama sekali tidak mengalami rasa pusing itu.

12. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati pada awal-awal kehamilan yang mirip dengan tanda-tanda mau PMS adalah salah satu tanda awal kehamilan. Lagi-lagi karena perubahan hormonal dalam tubuhlah yang jadi penyebabnya.

13. Pusing-pusing kadang Pingsan

ciri-ciri orang hamil muda

Adanya perbahan hormon yang dibarengi dengan peningkatan denyut jantung karena harus memompa darah yang lebih banyak dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah pada awal kehamilan anda. Hal ini yang menyebabkan wanita hamil mengalami pusing-pusing kadang ada juga yang sampai pingsan.

14. Ada Rasa Besi di Mulut

Beberapa wanita mengeluhkan rasa yang aneh seperti besi di mulut mereka selama kehamilan. Meskipun tidak ada penjelasan ilmiah untuk gejala ini, untuk beberapa hal itu bisa berlangsung sepanjang kehamila.

15. Sering Mimpi

Jika anda jadi sering mimpi hamil, ditambah lagi dengan gejala-gejala awal kehamilan sebelumnya diatas, kemungkinan besar anda sedang hamil.

Advertisement

 Sekian artikel mengenai 15 ciri-ciri hamil muda semoga bermanfaat buat anda yang sedang menunggu kehadiran seorang bayi maka baca baik2 ciri ciri orang hamil di artikel ini.Dan mohon sekiranya untuk bantu share via facebook, twitter atau google plus untuk membantu calon calon ibu lainnya di Indonesia.

hamil terms: efek hamil muda, efek hamil, efek orang hamil, mual dan pusing apakah gejala hamil, ciri orang hamil muda

52 thoughts on “15 Ciri-ciri Hamil Muda yang Perlu Wanita Ketahui

  1. Hai, slm kenal. Sy Meslin tggl dirawasari dan nikah 6bln yg lalu. Blkgn ini sy sering pusing dan mual bahkan muntah tp sy tdk merasakan pembengkakn atau htm disekitar oeral payudara. Sy bingung dan takut tespack krn takut kcewa. Apakah saat tanda hamida tu payudara bengkak suatu kewajiban tuk hamil? Makasi ats jawaban'y

  2. Bunda Dinar; aq dah tespack td pg hasil'y garis 2 cm 1 samar tipis bgt 1 jelas, blm yakin bun jika blm bnr2 garis merah terang. Makasi y bun ats sarannya. Doain ya bun mdh2an positif

  3. Hai.salam kenal , sya juli 2 minggu yg lalu saya berhbngn dan sekarang saya sudah telat 1 minggu dan yg saya rasakan sekarang buah d4d4 saya nyeri dan terlihat membengkak dan ada selama 2 hri ini saya mengalami mual di pagi hri yg saya tanyakan apakah itu ciri2 ibu hamil? Thank buat infonya

    1. ya itu ciri2 hamil bunda. coba di tespek saja atau langsung periksakan ke bidan/dokter untuk tes lebih akuratnya

  4. Hallo salam knl..aku mau nanya terakhir dpt haid tggl 22 april shrs’y aku haid lg tggl 24 mei (haid ku sll mndr 1atau 2 hari)..menjelang tggl aku merasakan tanda2 mau haid tp sampe skrng blm haid..bdn pegel pinggang panas perut bwh kram p4yud4ra jg nyeri..dan belakang ini aku jd anti nasi ama air putih..apa itu tanda2 hamil!! Pengen Tp tp takut …..

    1. ya itu beberapa ciri-ciri hamil bunda, coba ditunggu beberapa hari lagi, klo belum mens juga, coba ditespek yah, semoga memang sedang hamil.

  5. saat ini saya mengalami pusing dan mual yang gak karuan,, ingin muntah tapi tidak bisa muntah,,, kepala sakit sekali ditambah selalu pusing kalau mencium wewangian apalagi bawang putih,,, tapi saya bulan semalam masih dpt menstruasi,, ini masih umur 2 minggu saya blm dapat menstruasi,, apakah ini saya gejala hamil

    1. untuk lebih pastinya, ditunggu sampai waktunya mens berikutnya, kalau nggak datang juga, tespek untuk memastikan positif hamil atau tidak.

  6. Saya mw tnya dok..akhir akhir ini .saya suka pusing,kadang” kepala nya sakit+perutpun agak sakit,mual tp g mw muntah,sering ngantk,tu gejala pha ya dok…

  7. Dok saya mau tanya apakah saya hamil jika saya mengelurkan bercak merah kecoklatan agak gelap tapi sedikit selama 15hr blum juga mengeluarkan darah mens yg seperti biasanya

    1. bisa jadi, itu salah satu tanda-tanda kehamilan juga. apa ada tanda-tanda hamil lainnya yang menyertainya? seperti mual2, pusing, dll?

  8. ibu saya mau tanya, saya qori’ saya merasa p4yud4ra saya penuh dan juga mual-mual. pada tanggal 28 Juli saya haid dan suci tanggal 5 Agustus. beberapa waktu setelah saya suci dari haid p4yud4ra yang mulanya biasa saja sekarang merasa penuh dan juga mual-mual saat makan serta muntah sekali. namun kemarin seharusnya tanggal 28 agustus haid dan ternyata tidak haid. trus tanggal 30 keluar lendir coklat. apakah lendir coklat itu? saya dalam posisi bisa hamil atau belum? karena saat saya coba tes pakai tespek belum ada tanda positif hamil.
    terima kasih

    1. coba ditespek lagi beberapa hari lagi kalau memang belum mens juga. gunakan urin di pagi hari setelah bangun tidur sehingga kandungan hormon hCG dalam tubuh anda masih banyak dalam urin. hormon hCG ini muncul ketika seseorang itu hamil.

  9. Saya princess,maaf mau tanya bunda kalo orang hamil kadang susah tidur kalo malem nggak sih? Terus gelisah juga nggak? Mksh:)

    1. kalau hamil muda biasanya malah mudah lelah jadi kebanyakan tidur. yang susah tidur itu kalau sudah melahirkan dan bayinya rewel.

  10. Slm kenal ,saya mau tanya saya baru telat haid bbrp hari,tapi saya tdk merasakan mual,tapi badan saya kayaknya capek terus maunya tidur terus,dan beberapa hari ini perut saya suka kram,kalau ingin testpack kira2 waktu yg tepat kapan yaa?terimakasih bu

    1. coba saja di tespek sekarang di pagi hari setelah bangun tidur. kalau masih negatif, coba tunggu 1 minggu atau 10 hari, kalau belum datang haidnya lagi, coba ditespek lagi. semoga memang positif hamil

  11. Aku mau tanya..haid terakhir tanggal 13 juli..sampai bulan september ini aku blum dapat haid..2 minggu lalu aku testpack tapi hasilnya negatif…bulan kemaren aku ngalamin pusing dan mual sekitar seminggu..tapii stlah itu biasa2 ajaa…kira2 aku hamil gak yaa…??

    1. coba ditespek lagi denga urin setelah bangun tidur, kalau masih negatif, coba periksakan ke dokter kandungan, untuk pemeriksaan usg, apakah memang hamil atau ada masalah lainnya pada organ reprosuksi anda.

  12. Mbak..mau nanya nih..aku sdh uji pakai testpek dn aku positive hamil..aku dtg bln tggl 6 bln 8..dan bulan ini saya bln dtg bln..apa sya betul2 hamil dan berapa usia janin aku?

    Mbak kalau memang aku positive hamil kenapa aku seperti mengalami datang bulan..?

    Makasih

    1. ya kalau sudah menunjukkan dua garis berarti positif hamil bunda, memang gejala kehamilan sebagian mirip gejala mau haid. silahkan periksakan ke dokter untuk periksakan kesehatan kandungan dan janin bayi anda, sekaligus mengetahui umur janin bayi anda.

  13. Mba aku mau nanya … Setelah keguguran beberapa bulan yg lalu saya ikut kb 3 bln itu pun cuma 1x aja nah sekarang dibulan sept nich tanggal 4 kemarin saya sudah berenti dan dibulan yg sama tanggal 12 saya keluar flek coklat itu cuma sehari dan akhir2 nich saya merasakan gejala2 hamil seperti mual,pusing, pd membengkak tp aku dah 4x tespek selalu negatif…apa mungkin saya hamil atau tidak

    1. #anna erlyta
      mungkin itu gejala pms, karena biasanya setelah kb 3 bulan itu hormon masih tidak teratur sehingga siklus mensnya pun butuh waktu untuk dapat teratur keambali. coba perhatikan, kalau dalam seminggu atau 2 minggu masih merasakan gejala umum kehamilan, coba ditespek lagi.

  14. kenapa ya dok saya lagi hamil mau jalan ennam kapala saya terasa pusing banget cara untuk mengatasi biar gk pusing gimana dok

  15. Dok saya telat 1bulan dibulan september, trus pda tanggal 29blan 09 saya test dengan menggunakan testpeck dan hasilnya 2garis . Stelah seminggu kemudian saya merasa pusing*,mual,cepet capek,sensitif sma bauk’an,rasanya pengen tidur saja,stelah saya meraskan itu pagi hari bangun tidur saya test lagi dan ternya hasilnya garis dua lebih tebal .Tpi saya blum ngidam pengen ini itu,dan saya juga blum periksa keDOKTER/bidan , gpp dok?apa saya memng hamil?soalnya semua keluarga sudah menunggu dan saya takut mereka kecewa klw saya bener* tidak hamil :'(:'(

    1. kalau sudah telat mens, sudah ditespek 2 kali dan hasilnya positif, kalau menurut saya memang anda sedang hamil muda saat ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan untuk memastikan dan sekaligus memeriksakan kesehatan janin dan kandungan anda

  16. Mbak ,akhr agustus kmaren sya keguguran 2 bulan, trus haid ‎​Lagi tgl 24 september, skrang p4yud4ra saya skit, kdng mual2. Apakah itu gejala hamil ?

    1. sebaiknya ditunggu sampai saatnya haid, kalau sampai telat semiggu, coba di tespek, soalnya kalau sekarang ditespek, kalaupun hamil, belum tentu hasilnya positif, karena kandungan hormon hcgnya masih sedikit

  17. Mbak,aku haid tgal 16 oktober,trus sdah berhenti,tpi tanggal 28 okt smpai tgal 1 nov kluar flek\brwrn merah kecoklatan tpi hnya sdkit,akhir“ ini sya sering pusing,apkh itu tanda hamil y mbak?

  18. Dok.. Sya mens bln 10 tgl 3 , bln ni blm mens, sya sering pusing,mual, skt kplaa, kram bwah prut, dlm mggu mren sya pgn mkn pedas2, tp ga da bercak coklat apkh sya gejala hamil? Pyud4ra sya sdkit brisi tp tdk sensitif, dh sya tespack tp ngatif

    1. coba di tunggu lagi dalam seminggu, kalau gejala2 yang ada masih dirasakan coba ditespek lagi, dengan urin bangun tidur dan mungkin bisa dengan tespek merk lain

  19. dok saya mau nanya mens sya udh telat trss saya udah beberapa hri ini klu setiap mlm sering sakit kepala truss muntah perut y sering sakit sering kram jg trss saya klr darah merah pa saya hamil pa mens biasa y dok.

  20. Hai slam knal dok . saya mau tanya
    Saya sdah telat mens 1 minggu . akhir”ini saya merasa bawaannya pengen tidur,pinggang sering sakit,kadang perut sprti kram trus hilang sendiri.apa tandanya saya hamil ya dok .trus wakti yg tepat untuk tes pek kira” kpan ya dok

  21. Dok saya mw tax, setelah haid saya berhbngn ma suami saya,, setelah dapet 2 mingguan saya sering mual, truz sekarang mala sering pusing, perut sakit, p4yud4ra pun jg sakit. Apa itu pertanda hamil dok????

  22. maaf sblumby y dok,saya haid tgl 7 bln12 2014,trus bln 1 tgl 13 2015 aq mengeluar flek 1 hari,trus tgl 21 2 2015 keluar nercak darah hny bbrp tetes aj,skr 3 bln blom haid…aq.dn aq sering mual d pagi hri,pinggangq sering skit,+ lemas+ sering pusing,dn udh 2 kali tes pake tespek tp hasilny negatif…kbp bgtu dok…aq jd bingung…??? gmn solusinya hamil ap gk sih aq????

  23. dokk mau tanya..
    sy terakhir haid 15 maret 2015 sampe skrng blm haid jg . .
    tanda2 hamil dan haid terkadang sm dong jadi sy bingung..
    yg sy rasain itu p4yud4ra kenceng, sakit punggung , kepala pusing, mudah lelah dan ngantuk , kram di perut dan sembelit. .
    trus akhir2 ini kalo cium bau asap rokok rasanya enek. .
    itu pertanda hamil nggak ya dokk?
    makasih

    1. kalau biasanya tepat waktu mensnya, dan sekarang sudah telat lama, apalagi banyak tanda-tada hamil yg dirasakan bisa jadi hamil, coba saja ditespek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *